Ingin Tahu, Apa Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting? Cek di Sini!

Setelah memutuskan untuk membuat website dan membeli domain, langkah selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah pemilihan web hosting. Saat ini, terdapat empat jenis hosting yang bisa dipilih oleh para pemilik website yaitu dedicated hosting, shared hosting, virtual private server (VPS), dan cloud hosting.

Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, salah satu yang paling banyak digunakan oleh pengguna awal website adalah shared hosting. Untuk memudahkan Anda menentukan jenis hosting, berikut adalah kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Kelebihan Shared Hosting


Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah ruang penyimpanan yang digunakan beberapa pengguna yang berbeda. Jadi, satu ruang digunakan bersama-sama. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  1. Harganya lebih murah. Karena digunakan bersama-sama, biaya untuk penggunaan hosting dibagi dengan jumlah penggunanya.
  2. Kapasitas resource terdiri dari berbagai ukuran. Jadi, Anda bisa kapan saja naik ke paket hosting dengan kapasitas yang lebih besar jika dibutuhkan.
  3. Maintenance atau administrasi server dilakukan oleh penyedia hosting sehingga pengguna tidak perlu repot untuk melakukan pemeliharaan berkala.
  4. Penyedia hosting menyediakan panel kontrol yang memudahkan pengguna untuk mengatur website.

Kelebihan tersebut membuat shared hosting cocok untuk website yang tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan dengan traffic yang belum terlalu tinggi. Maka dari itu, shared hosting merupakan pilihan yang tepat untuk website yang baru saja dikembangkan, terlebih lagi karena biayanya cukup terjangkau.

Kekurangan Shared Hosting


Karena merupakan ruang milik bersama, shared hosting juga memiliki kekurangan. Namun, biasanya kekurangan ini tidak terlalu berpengaruh, apalagi website masih berupa situs sederhana.

  1. Server melambat karena traffic tinggi. Karena digunakan bersama, kalau pengguna lain menggunakan terlalu banyak resource, website Anda bisa ikut melambat. Namun biasanya, penyedia hosting secara berkala melakukan pantauan dan melakukan batasan jika hal ini terjadi.
  2. Akses terbatas pada server. Anda mungkin memiliki akses yang cukup terbatas karena sebagian besar pengelolaan dilakukan oleh penyedia. Bagi Anda yang tidak mau repot, kekurangan ini bisa jadi sebuah kelebihan.

Penggunaan shared hosting cocok untuk website rintisan yang dikelola secara pribadi, bukan tim. Anda akan terbantu karena pengelolaan server dilakukan oleh penyedia hosting. Shared hosting juga lebih hemat dari segi biaya.

Sekarang, kembali lagi ke kebutuhan Anda, apakah memerlukan banyak ruang pada server? Atau memiliki perkiraan traffic yang tinggi? Apa pun kebutuhannya, Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan nusa.id cloud sebelum membuat pilihan.